UNIT IKLAN PERTAMA 250x250 (telah diparse) UNIT IKLAN KEDUA 250x250 (telah diparse)

RELA BERBAGI

Rela berbagi ikhlas memberi

Pages

Mohon maaf bila post jarang terupdate Blog ini sedang dalam tahap pengembangan

Total Pageviews

Followers

Blogroll

Blogger news

Popular Posts

Powered by Blogger.

Benda bermuatan Listrik

Setiap benda tersusun oleh partikel-partikel yang lebih kecil. partikel zat yang ukurannya paling kecil dan tidak dapat di bagi-bagi disebut ATOM.
Namun, atom ternyata terdiri atas bagian-bagian yang lebih kecil. tiap atom tersusun dari inti atom dan elektronik. inti atom(Nukleus) terdiri atas proton dan neutron. Adapun elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasannya dan mendapat gaya tarik inti atom. Partikrl yang bermuatan negatif disebut elektron. Partikel yang bermuatan positif disebut proton. Massa proton dan neutron lebih besar dibandingkan dengan massa elektron.

Gaya ikat terhadap elektron antara bahan satu dengan bahan yang lain berbeda. karena suatu hal, elektron dapat lepas dari lintasannya dan berpindah ke atom lain. Perpindahan elektron tersebut menyebabkan perubahan muatan suatu atom. Berdasarkan hal itu atom dapat berada dalam satu dari tiga keadaan, yaitu bermuatan negatif, positif atau netral.

Atom dikatakan bermuatan negatif jika kelebihan elektron, sedangkan atom dikatakab bermuatan positif, jika kekurangan elektron. Adapun yang dikatakan atom netral jika jumlah proton dan elektronnya sama. Disini, elektron menjadi acuan karena elektron lah yang mudah lepas atau berpindah dari atom satu ke atom yang lainnya.

Muatan listrik tidak dapat dilihat oleh mata, tetapi efeknya dapat dirasakan dan diamati gejalanya. Besar muatan listrik proton dan elektron adalah sama, tetapi jenisnya yang berbeda. Muatan positif(proton) ditandai dengan tanda plus "+" sedangkan muatan negatif (elektron) Ditandai tanda minus"-".
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Rangkaiaan Listrik dengan judul Benda bermuatan Listrik. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : RELA BERBAGI
Ditulis oleh: Agung Gemilang - Saturday, April 7, 2012

Belum ada komentar untuk "Benda bermuatan Listrik"

Post a Comment